GREYNDA TWINKLE

Karya Tulis Ilmiah

KARYA TULIS ILMIAH

A.  KONSEP KARYA ILMIAH
Karya ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.
Karya ilmiah adalah karya tulis yang dibuat melalui serangkaian proses panjang dengan isi yang akurat, relevan dan dapat dipertanggungkawabkan dan memungkinkan untuk digunakan sebagai rujukan dari penelitian selanjutnya.
Karya ilmiah disebut tulisan akademis (scientific paper/akademic writing) sebagai sarana untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi berupa penjelasan (explanation), prediksi (prediction) dan pengawasan (control).
B.  MACAM-MACAM KARYA TULIS ILMIAH
          1.     Berdasarkan Ketersediaan fakta
          

          2.    Secara Umum
Þ    Skripsi
Adalah karya tulis (ilmiah) mahasiswa untuk melengkapi syarat mendapatkan gelar sarjana (S1). Skripsi ditulis berdasarkan pendapat (teori) orang lain. Pendapat tersebut didukung data dan fakta empiris-obyektif, baik berdasarkan penelitian langsung, observasi lapangan / penelitian di laboratorium, ataupun studi kepustakaan. Skripsi menuntut kecermatan metodologis hingga menggaransi ke arah sumbangan material berupa penemuan baru.
Þ    Tesis
Adalah jenis karya tulis dari hasil studi sistematis atas masalah. Tesis mengandung metode pengumpulan, analisis dan pengolahan data, dan menyajikan kesimpulan serta mengajukan rekomendasi. Orisinalitas tesis harus nampak, yaitu dengan menunjukkan pemikiran yang bebas dan kritis. Penulisannya baku dan tesis dipertahankan dalam sidang. Tesis juga bersifat argumentative dan dihasilkan dari suatu proses penelitian yang memiliki bobot orisinalitas tertentu.
Þ    Disertasi
Adalah karya tulis ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikan program S3 ilmu pendidikan. Disertasi merupakan bukti kemampuan yang bersangkutan dalam melakukan penelitian yang berhubungan dengan penemuan baru dalam salah satu disiplin ilmu pendidikan.
Þ    Artikel
Tulisan yang berisi pendapat subjektif penulisnya mengenai suatu hal/peristiwa.
Þ    Makalah
Karya tulis ilmiah yang menyajikan suatu masalah yang pembahasannya berdasarkan data lapangan yang bersifat empiris/objektif.
Þ    Kertas kerja;
Pada prinsipnya sama dengan makalah namun dibuat dengan analisis yang lebih dalam dan tajam untuk dipresentasikan pada seminar atau lokakarya (biasanya oleh ilmuwan).
Þ    Paper
Merupaan sebutan khusus  untuk makalah di kalangan akademisi  (mahasiswa) yang kaitannya dengan pembelajaran/pendidikannya (S1,S2,S3).
Þ    Artikel ilmiah populer
Karya ilmiah yang ditulis dalam Bahasa popular (Bahasa media/jurnalistik) untuk dimuat di media massa.

C.  MACAM-MACAM KARYA TULIS NON ILMIAH
  ü  Dongeng
        ü  Novel
        ü  Cerpen
        ü  Drama

D.  TUJUAN MENULIS KARYA TULIS ILMIAH :
   ü  Memberi penjelasan
    ü  Memberi komentar atau penilaian
    ü  Memberi saran
    ü  Menyampaikan sanggahan
    ü  Membuktikan hipotesa

E.  CIRI-CIRI KARYA ILMIAH


F.  JENIS KARYA ILMIAH



Share:

Tidak ada komentar: